Friday, December 14, 2012

Recycling di New York

Mengamati foto dibawah ini, apa yang terpikir oleh kita.. Itu plastik besarrr sekali, isinya botol plastik, kaleng bekas pepsi, coca cola dll.... kog buanyakk sekali..mau diapakan ya...
Di New York, pengelolaan sampah ditangani oleh "NYC Departement of Sanitation. Banyak sekali ruang lingkup recycling, saya batasi penulisan hanya seputar apa yang saya lihat.
Pengelolaan sampah rumah tangga dibedakan sbb :
  1. NYC Recycles Paper and Cardboard ( sampah kertas dan kardus)
  2. NYC Recycles beverage cartons,bottles, cans, metal and foil
  3. Reduce Your waste and participate in take back program.

Okay, saya akan bahas yang nomor 2, karena setiap hari saya melewati lokasi ini, dimana orang banyak antri ingin menggunakan mesin yang seperti mesin ATM ini. Biasanya mesin ini tersedia di super market yang besar besar untuk membantu proses recycle oleh masyarakat setempat. Rupanya masyarakat di New York bahkan sejak dini anak anak sudah dikenalkan dengan proses recycling. Anak anak sudah diajarkan bagaimana membedakan sampah seperti apa yang bisa di recycle dan yang tidak bisa direcycle. Tidak bisa melakukan recycling secara besar,maka lakukan dari rumah mu sendiri. 

 Setiap rumah harus selalu mengerti proses pemisahan sampah ini, karena kalau mereka salah dalam menempatkan sampah, maka petugas sanitation (dengan trucknya yang besar lengkap dengan mesin press...) akan menegur anda bahkan akan memberi anda sangsi berupa ticket, bukan ticket bioskop tapi ticket denda yang harus anda bayar.... Nah untuk menghindari ini,maka saya juga mau tidak mau harus mengerti. Sampah plastik tidak bisa digabung dengan sampah sayuran (sampah organik). Sampah plastik sendiri, sampah bekas minuman kaleng sendiri, dan botolpun sendiri...
Kalau bottle plastik bekas minuman seperti aqua , kaleng bekas coca cola, pepsi, dlll ( buanyakkkkkk sekali jenis minuman kaleng disini)... dan glass ( atau dikita botol beling bekas bir..misalnya) dikumpulkan, maka ini bisa jadi uang . Bagaimana caranya ?

Nah isi plastik besar di foto diatas, satu persatu dimasukkan ke mesin mesin ini dan dipisahkan sesuai dengan keterangan nya : terlihat kan :Tulisan Glass, Cans,Plastic. Setiap 1 items dikompensasi harga $ 0.05 ( atau Rp. 500,-) Sedangkan untuk Glass dan Cans lebih mahal sedikit $ 0.085..Setelah semua sampah untuk direcyle dimasukkan ke mesin, maka kita akan menerima struk atau tanda terima berupa sejumlah uang yang akan kita dapat dari hasil recycle ini.

Ada keraguan apakah ini benar ? Jangan kuatir.. mesin selalu benar, selama struk ini dikeluarkan oleh mesin, maka ini akurat.Anda tinggal menemui kasir supermarket terdekat, dan tunjukkan struk ini, tampa banyak tanya mereka akan bayarrrrrr... selesai prosesnya. Jadi apakah di New York ada pemulung? Ada... tapi pemulung khusus botol glas dan plastik dan cans karena ini salah satu bentuk proses recycle yang paling mudah dan juga membantu tugas pemerintah terutama NYC Dept of Sanitation.


Foto dibawah ini adalah sampah organik, selalu dengan kantong plastik besar warna hitam, sedangkan kantong plastik putih untuk sampah recycle supaya terlihat isinya. Setiap building harus memisahkan sampah menjadi 3 bagian, sampah organik, sampah recycle dan kardus kardus. Truck sanitation akan datang dua kali seminggu, di lokasi saya hari Rabu pagi dan Sabtu pagi. Truck sanitasi bukan seperti truck sampah di Indonesia, ini memang truck khusus untuk mengangkat sampah karena dibagian dalamnya ada mesin yang langsung menhancurkan sampah sampah kalau dimasukkan ke dalam truck....Saya sering perhatikan dari jendela atas saat mobil truck datang, kantong plastik yang besar dimasukkan ke truck, dan otomatis mesin didalamnya melumat sampah sampai menjadi bagian kecil, makanya kalau truck sanitasi datang, ribut suaranya kita sudah tidak bisa tidur lagi....tapi ga lama kog ..



Okay, selanjutnya saya akan bahas mengenai yang nomor 3 yaitu : Program Reduce your waste and participate in take back programs. Apa ini maksudnya ?
Setiap hari kita bisa melakukan dengan cara :
  • Daripada membuang lebih baik di sumbangkan atau dijual dalam bentuk "Garage Sale".  Disini orang tidak gengsi beli dari garage sale karena kadang kita menemukan barang barang yang kita perlukan, atau barang barang yang kondisinya masih bagus. Biasanya orang mau pindah rumah, tidak mau bawa barang banyak banyak maka dia membuat garage sale.
  • Melakukan print double side, melihat bill, statement, magazines,newspaper dengan on line.
  • Selalu menggunakan "reusable bags" dan menolak diberikan bag pada saat belanja kalau kita tidak perlu....Kalau kita di Indo malah kebalikan ya, maunya dapat bag plastiknya banyak banyak...disini malah disarankan bilang "No bag Please".
  • Dianjurkan membawa botol sendiri untuk minum coffee, teh, water or others drink.
  • Dianjurkan membeli barang "buy in bulk" and choose product that have less packaging, are made with recycled content or can be recycled. Maksudnya : beli barang dengan kemasan yang simple , dan tertera tulisan bisa di recycle.

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai sebagian kecil recycle di New York khususnya di seputaran tempat saya tinggal rego Park. I love live in Rego Park.. suasananya kayak komplek rumah saya di Lampung... Pahoman..... the best...Rumahnya gede gede, rapi..sarana lengkap, banyak pohon pohon... nyaman sekali tinggal disini ...
Okay.. see u !

1 comment: