Tuesday, January 1, 2013

Restaurant Makanan Indonesia di New York

Sebelum saya pindah ke New York , yang saya pikirkan bagaimana saya makan disana nanti dengan kentang dan hamburger setiap hari.... Saya kan hobinya makan nasi padang, rendang, gulai  cincang, sambel ijo, pecel lele garing, ikan mas dan gurame garing....bubur ayam....bagaimana, apakah saya bisa makan seperti ini lagi di New York?????

Tapi setibanya saya di New York, ketakutan seperti ini satu demi satu hilang...mulai tinggal disana, berubah status dari single menjadi married,,, apa yang berubah, yang jelas harus masak dan bisa masak, harus bisa menentukan menu siang dan malam hari ini dan besok.. besoknya.. waduhhhhhhhh, saya belum pernah belajar ini...Tapi ga apa, kita bisa belajar sambil melakukan kan..

Supermarket Asia yang terkenal disini untuk orang Indonesia yang pertama saya datangi   adalah" TOP LINE". Lokasinya di : 81 37 39 Broadway,Elmhurst NY 11373. Ini toko sayuran dan makanan product Asia..Kaget juga begitu masuk toko, lihat barangnya satu satu , lengkap juga, ternyata sereh, jahe juga ada...ubi jalar ( sweet potatoes), singkong (yuca)... ada juga...masuk lagi kedalam, satu sisi itu adalah produk  Indonesia semua, ada Indo Mie, Mie Sedap, Kecap Bango, kecap ABC sama sambalnya juga..bumbu bumbu Indo food, kerupuk, bumbu pecel... wah....surprise juga saya.....malah sambal suseno ( makanan khas dari daerah saya ,Lampung juga ada...)...Biskuit Indonesia seperti Biskuit Selamat, Regal,ada juga disini...Kacang Garuda , Taro Snack juga ada.... Yah, kesimpulannya.. kangen masih bisa terobati..

Sebenarnya saya lebih senang pasar saya dulu di Lampung, pasarnya Mbok Mbok (perempuan tua orang Jawa yang jualan dipasar, biasanya pake kebaya kutang atau kebaya tradisional jawa)  di Pasar Koga Kedaton, setiap Minggu pagi saya nongkrong disana, memperhatikan Mbok Mbok di pasar berjualan sedikit sedikit " Beli cabe Rp. 500.. masih diprotes, kog dikit amat... saya menarik nafas saja..., pake di tawar lagi.. ahhhhhh kasihan saya,,Harga Rp. 500, dalam sehari berapa penghasilan mereka, berapa untung mereka... Saya sempat tanya, Mbok Kenapa jualan, kan capek.. lebih baik dirumah...Dia jawab dengan bahasa Jawa Medoknya : Saya bosen di rumah neng, nonton tipi senetron terus, seneng disini ketemu dan ngobrol dengan teman teman.....wajahnya happy sekali, terus dia tambahin bumbu dapur yang saya beli... ga usah Mbok . cukup kog.... Ahhhhhh, kebahagiaan itu berbeda untuk setiap orang, melihat dia happy saya juga ikut happy..hahaha, anak bukan saudara bukan....tapi saya buat momentum untuk diri sendiri , belanja di pasar becek tradisonal dan yang jual mbok mbok saya tidak akan pernah menawar.

Okay, itu sedikit intermezzo saja...Kita lanjutkan lagi.. bosen masak dirumah, ada restauran Indonesia. Yang saya tau di lokasi Queens : Mie Jakarta, Upi Jaya, Taste of Asia.


Nanti saya lanjutkan ya, anak saya dahbangun....


No comments:

Post a Comment